Senin, 27 April 2009

Mempercepat Kinerja Komputer Anda

Banyak sekali cara untuk mempercepat computer anda, berikut akan saya tampilkan beberapa cara agar computer anda lebih optimal. Ntar kalo ada cara yang lain lagi, saya posting lagi ok..

1. Disk Defragmenter
Siapa sih yang kagak tau tentang Disk Defragmenter? Tools ini berfungsi untuk menata hardisk agar data yang didalamnya tertata rapi, sehingga hardisk berfungsi lebih optimal. Lakukan lah defragment pada komputer anda seminggu sekali(sesuai frekuensi pemakaian komputer), agar komputer anda semakin optimal.
Klik Start – Program – accessories – system tools – Disk Defragmenter
Lalu tinggal klik defragment.
















2. Mempercepat loading program

Salah satu cara untuk mempercepat loading pgroram ialah dengan cara registry, tapi biasanya pada windows XP SP2 or higher sudah tidak perlu dilakukan lagi. Tapi coba-coba aja deh. Siapa tau belum..
Klik start – run – ketikan regedit
Lalu klik saja sesuai folder ini
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\AlwaysUnloadDll
Lalu klik kanan new – String Value
Nama Value : (Default)
Data Value : 1

















3. Membuang sampah pada komputer

Membersihkan Cookies, History pada IE, mozilla firefox, dll.
Bagi anda pemakai jaringan internet pasti tidak akan lepas dari cookies dan history. Oleh karena itu anda mesti membersihkan itu agar computer anda tidak terlalu berat. Caranya?? Duh saya males ngetik.. pasti anda juga sudah bisa sendiri..





















4. Menonaktifkan program yang tidak perlu pada start up
Pada saat start up, komputer anda melakukan banyak proses sehingga akan terasa bahwa pada saat start up komputer anda terasa lebih lamban. Nah, karena dari itu, anda jangan menambah beban computer anda.
Klik start – run – ketikan msconfig
Lalu hilangkanlah contreng dari program yang menurut anda tidak perlu pada saat start up .
















5. Menghapus program yang tidak pernah dipakai
Bila computer anda memiliki banyak program tetapi anda sendiri tidak pernah memakainya. Maka hapuslah dari system computer anda. Karena itu dapat memberatkan kinerja computer. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menghapus program, bisa dengan uninstall lansung pada program itu. Atau bisa juga dengan memasuki control panel – add or remove program.















6. Menghapus icon program di desktop

Mungkin menurut anda sederhana icon di desktop, tapi sebenarnya itu juga sedikit memberatkan kinerja computer anda. Oleh karena itu hapuslah icon program yang jarang dipakai pada desktop.

7. Membagi Hardisk kedalam beberapa partisi
Bila anda memiliki hardisk yang cukup besar, maka bagilah hardisk kedalam beberapa partisi agar kinerja computer anda semakin optimal.
Cat ; Membagi partisi ini hanya dapat dilakukan pada saat memformat/install ulang windows.











8. Pada saat menginstall ulang, pilihlah tipe NTFS

Sebenernya sih saya juga gak tau apa bedanya FAT ama NTFS, tapi kata master2 komputer lebih enak pake NTFS. Nah, pemilihan NTFS atau FAT ini akan muncul pada saat kita memformat hardisk. (kalau gak tau cara format, ntar akan saya posting kan, tunggu saja ok)

0 komentar:

Posting Komentar